Jumat, 05 Juni 2015

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK MODUL 6

MODUL 6
KB 1 Kriteria perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan Karakteristik peserta didik
    Karakteristik yang menonjol pada anak usia Sekolah Daasar adalah senang bermain.senang bergerak,bermain atau bekerja dalam kelompok dan senantiasa ingin melaksanakan /meragakan sesuatu secara langsung.
    Perincian tugas-tugas perkembangan anak usia SD menurut Havighurst dan implikasinya terhadap penyelenggaraan pendidikan adalah:
1.Pembelajaran ketrampilan fisik yang diperlukan untuk Petmainan sehari-hari
2.Membangun keutuhan Sikap terhadap diri sendiri sebagai organisme yang sedang tumbuh
3.Belajar bergaul dan bekerja dalam kelompok sebaya
4.Mempelajari peran sosial sebagai pria dan wanita
5.Pengembangan ketrampilan dasar dalam membaca ,menulis dan berhitung
6.Pengembangan konsep-konsep yang perlu dalam kehidupan sehari-hari
7.Pengembangan kata hati ,.moral dan nilai-nilai
8.Mencari kemandirian pribadi

Implikasi karakteristik anak usia sekolah menengah terhadap penyelenggaraan pendidikan adalah pada perkembangan fisik dan perilaku psikomotorik ,perkembangan bahasa  dan perilaku kognitif,perkembamgan perilaku sosial -moralitas dan religius serta perkembangan perilaku afektif-konatif dan kepribadian.
Karakteristik perkembangan dan kebutuhan yang menonjol pada orang dewasa awal adalah:
1.Mengembangkan sikap,wawasan dan pengalaman nilai-nilai agama
2. memperoleh dan memulai suatu pekerjaan
3.memilih pasangan
4.mulai memasuki pernikahan
5.belajar hidup berkluarga
6.mengasuh dan mendidik anak
7.mengelola rumah tangga
8.memperoleh kemampuan dan kemantapan karier
9.mengamnbil tanggung jawab atau peran sebagai warga masyarakat
10.mencari kelompok sosial yang menyenangkan

Dalam memperhatikan perbedaan andragogi (pendidikan bagi orang dewasa) dan pedagodi(pendidikan bagi anak-anak),pendidikan bagi orang dewasa hendaknya menerapkan sistem pembelajaran berikut:
1.Sistem belajar yang cocok diterapkan bagi orang dewasa adalah menemukan sendiri(discovery method)  oleh Rogers
2.Belajar pemecahan masalah (Problem solving)   oleh gagne
3.Belajar konsep

KB 2 Kriteria Pelaksanaan Pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik
UU No 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional  telah memasukan jenjang pendidikan SLTP kedalam pendidikan dasar.Pasal 13 ayat 1 dikemukakan bahwa pendidikan dasar merupakan pendidikan yang lamanya 9 tahun yang diselenggarakan selama 6 tahun di SD dan 3 tahun di SLTP .Ketentuan ini diperjelas dalam pasal 1 PP No 28 tahun 1990 tentang pendidikan dasar .
     Satuan pendidikan pada tingkat SLTP melipuyi :
1.rumpun SLTP yang terdiri atas:
   a.SLTP
   b.Madrasah Tsanawiyah
   c.SMP Kecil
   d.SLTP Terbuka
2.rumpun SLTP Luar biasa :
   a.Sekolah Luar Biasa
   b.SLTP Terpadu
3.rumpun Pendidikan Luar Sekolah:
   a. Paket B
   b.Ujian Persamaan SLTP
   d.Pondok Pesantren.
Penyelenggaraan pendidikan  bagi anak berkelainan fisik dan psikis.
 Adaptasi strategi pembelajaran untuk anak yang terbatas kemampuan visualnya mencakup:
1.Braille
2.Pemanfaatan kemampuan visual yang terbatas
3.Ketrampilan mendengarkan.
4.Orientasi dan latihan mobilitas
    motivasi merupakan variabel penting dalam mengembangkan O & M skill.

Tentang kesulitan belajar yang dikaitkan dengan matematika.Sejumlah prinsip remediasi dapat diambil dari literatur matematik,yaitu:
1.Keterlibatan anak
2.Menyemangati anak untuk memandang pelajaran matematika sebagai konstruksi
3.Menggunakan masalah dari kehidupan nyata
4.Pembelajaran hendaknya melalui langkah-langkah kecil secara berurutan dan menggunakan alat bantu.

KB 3 Kriteria Penilaian Proses dan hasil belajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik
      Undang-undang No 20 tahun 2003  tentang Sistem Pendidikan Nasional telah memberikan dasar bagi pelaksanaan evaluasi kurikulum .Pasal 57 UU Nomor 20 tahun 2003 menyebutkan:"evaluasi dilakukan dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan"
      Unsur yang perlu diperhatikan dalam penilaian bagi peserta didik usia sekolah dasar,yaitu:
1.Ketrampilan fisik:menangkap,melempar,menendang,berguling,berenang serta mempergunakan alat permainan
2.Bagi kelas rendah membaca ,menulis,dan berhitung merupakan materi khusus untuk bekal pada kelas berikutnya
3.Nilai-nilai yang berkaitan dengan moral,budi pekerti,etika dan estetika.
4.Kemampuam mengendalikan diri dan melakukan tenggang rasa dan kemandirian
5.Penguasaan materi pembelajaran
       Unsur yang perlu diperhatikan dalam penilaian bagi peserta didik usia sekolah menengah,yaitu:
1.Ketrampilan fisik yang sesuai dengan tahap perkembanganya
2.Nilai-nilai yang berkaitan dengan moral,budi pekerti,etika,estetika
3.Kemampuan bekerja /belajar mandiri,kemampuan mengendalikan diri dan bekerja sama dengan teman-temanya serta berkomunikasi baik dengan teman-teman maupun dengan guru dan staf sekolah.
       Unsur yang perlu diperhatikan dalam penilaian bagi orang usia dewasa,yaitu:
1.Berkaitan dengan masalah nyata untuk ditemukan pemecahanya
2.Tidak lagi recall
3.Pengkajian konsep dan mencari keterkaitan antara suatu konsep dengan konsep lainya.
4.Penilaian mengarah kepada kerjasama antara pendidik dengan peserta didik untuk menuju ketercapaian tujuan program.



1 komentar: