MODUL 4
Karakteristik
dan Kebutuhan Peserta Didik Usia Dewasa
KB 1. Pertumbuhan Fisik
dan Perkembangan Intelektual
A.
Pertumbuhan Fisik
B.
Pertumbuhan Intelektual
Cattel dan horn membedakan 2 macam kecerdasan:
*Fluid intelegence:proses memahami hubungan ,pembentukan konsep-konsep,nalar dan abstraksi yang tidak banyak mendapatkanpengaruh dari pendidikan dan kebudayaan
*cyistallised intelegence:berkaitan dengan penguasaan kecakapan -kecakapan khusus yang dipelajari (tergantung pada latar belakang budaya dan pendidikan
Menurut Schaine, perkembangan
kognitif merupakan transisi dari “apa yang ingin saya ketahui” (what I need to know,how should i use what i know,why should i know)
Proses transisi
oleh Schaine dibagi atas lima
tahap berikut:
1.
Tahap pemerolehan (aquisitive),
berlangsung pada masa anak dan remaja
Anak dan remaja telah menguasai
pengetahuan dan keterampilan. Sebatas menguasai tetapi pengetahuan dan keterampilan
tersebut belum digunakan untuk kepentingan hidupnya dalam masyarakat.
2.
Tahap penguasaan (achieving),
berlangsung pada usia 20-an sampai awal 30-an
Menggunakan pengetahuan dan
keterampilan yang dikuasainya untuk mencapai keunggulan dan kemandirian.
3.
Tahap tanggung jawab
(responsible), pada usia akhir 30-an sampai akhir 60-an
Menggunakan pengetahuan dan
pemikirannya untuk memecahkan masalah.
4.
Tahap eksekutif (executive), pada
usia 30-an atau 40-an sampai awal 60-an
Individu mempunyai tanggung jawab yang
luas, bukan hanya dalam unit keluarga, tetapi juga dalam sistem kemasyarakatan.
5.
Tahap reintegrasi (reintegrative),
pada usia 60 tahun ke atas
Orang dewasa sudah tidak disibukkan
oleh tugas dan tanggung jawab
C.
Perkembangan Moral
Menurut Kohlberg ad 3 tingkatan perkembamgan moral:
prakonvensi,konvensi,pasca konvensi
Tahap-tahap perkembangan moral pada
wanita dewasa menurut Gilligan:
*Tahap 1. Orientasi terhadap
keberadaan diri
Wanita lebih mengonsentrasikan
hidupnya pada keberaaadaan dan kepentingan dirinya, kepada apa yang baik dan
berguna bagi dirinya. Perubahan yang terjadi adalah perubahan dari mementingkan
diri kepada tanggung jawab.
*Tahap 2:Kebaikan sebagai pengorbanan diri(goodnes as self sacrifice)
Mereka mulai menyadari tentang
tanggung jawabnya terhadap orang lain, serta mulai melaksanakan tanggung
jawabnya dengan memberikan pengorbanan.Perubahan :dari kebaikan kepada pengorbanan.Wanita dewasa mulai menilai keputusanya bukan didaasarkan atas bagaimana reaksi orang lain kepadanya,tetapi pada tujuan dan hasil dari perbuatanya
*Tahap 3. Moralitas tidak berbuat
kekerasan
Terjadi perubahan atau perkembangan
kesadaran dari tidak mau menyakiti orang lain dan menyakiti dirinya kepada
prinsip persamaan.
KB 2. Faktor-faktor yang
Mempengaruhi Orang Dewasa
Faktor yang mempermudah perkembangan orang dewasa
1.kekuatan fisik 2.kemampuan motorik
3.kemampuan mental 4.motivasi untuk berkembang 5.model peran
7 kebiasaan hidup sehat yang perlu dilakukan oleh orang dewasa
untuk memelihara kekuatan fisik:
1.
sarapan pagi
2.
makan secara teratur
3.
makan secukupnya
4.
tidak merokok
5.
tidak meminum minuman yang
mengandung alkohol
6.
olahraga secukupnya
7.
tidur secara teratur 7-8 jam
KB 3. Perbedaan individu Orang Dewasa
A.Perbedaan dalam minat
1.Minat Pribadi:Penampilan,Pakaian dan Perhiasan,Uang,Agama
faktor yang ikut menentukan kuat tidaknya rasa keagamaan orang
dewasa:
1.
jenis kelamin
wanita lebih berminat pada agama
dari pada pria
2.
kelas sosial
golongan kelas menengah cenderung
lebih tertarik agama
3.
lokasi tempat tinggal
4.
latar belakang keluarga
5.
minat religius teman-teman
6.
pasangan dari iman yang berbeda
7.
kecemasan akan kematian
8.
pola kepribadian
2.Minat Rekreasi
Faktor yang mempengaruhi pola rekreasi orang dewasa :
-Kesehatan -Waktu -Status Perkawinan -Status Sosial ekonomi -Jenis kelamin -Penerimaan Sosial
3. Minat Sosial
faktor yang mempengaruhi minat dan aktivitas sosial orang dewasa:
a.
mobilitas sosial
semakin besar keinginan orang dewasa
untuk meningkatkan status sosialnya semakin giat pula ia berusaha melibatkan
diri dengan organisasi
b.
status sosial ekonomi
c.
lamanya tinggal dalam suatu
kelompok masyarakat
d.
kelas sosial
e.
lingkungan
f.
jenis kelamin
pria yang telah menikah lebih bebas
berkecimpung dalam kegiatan-kegiatan sosial di luar rumah
g.
umur kematangan seksual
h.
urutan kelahiran
i.
keanggotaan dari tempat beribadah
Ciri-ciri kepribadian orang dewasa yang tampak dalam interaksi
dengan lingkungannya:
1.
Karakter yang mengacu pada
konsekuen tidaknya dalam melakukan aturan etika perilaku.
2. Temperamen yang mengacu pada cepat
atau lambatnya mereaksi terhadap rangsangan yang datang
3.
Sikap, yang mengacu pada positif
atau negatif atau ambivalensinya sambutannya terhadap objek-objek
4.
Stabilitas emosional, yang mengacu
pada mudah tidaknya tersinggung marah
5.
Tanggung jawab, yang mengacu pada
menerima atau cuci tangan atau melarikan diri dari resiko atas tindakan dan perbuatanya.
6.
Sosiabilitas, yang mengacu pada
keterbukaan atau ketertutupan dirinya,serta mampu brkomunikasi dengan orang lain
Witherington menunjukkan lebih terperinci dari
indikator-indikator perilaku inteligen:
1.
Kemudahan dalam menggunakan
bilangan
2.
Efisien dalam berbahasa
3.
Kecepatan dalam pengamatan
4.
Kemudahan dalam mengingat
5.
Kemudahan dalam memahami hubungan
6.
Imajinasi
Dalam hal kecakapan dasar khusus,orang dewasa dapat dikelompokan kedalam kategori yang memiliki kemampuan dasar khusus dalam bidang:
1.bilangan(numerical )
2.bahasa(verbal)
3,tilikan ruang(spasial)
4.tilikan hubungan sosial(social)
5.gerak motoris(motorical)
Reaksi orang dewasa berbeda satu sama lain, Pandangan menurut
1.Freud:Perbedaan disebab kan oleh berbedanya kekuatan daya pendorong The Id dan daya kendali Super Ego
2.Alferd adler:bergantung pada perbedaan cita-cita dan hasrat.
3.Kunkel:ditentukan oleh kadar rasa harga diri
4.Stern: adanya perbedaan kesadaran pribadi dalam mempertahankan dan mengembangkan dirinya
5.Watson:disebabkan oleh perbedaan pendidikan dan pengalaman
6.Lewin:ditentukan oleh pengalamanya membaca situasi medan sesaat dan setempat
7.Rotter: Perbedaan individual orang dewasa dalam hubungan sosialnya dimasa lalu
KB 4. Kebutuhan-kebutuhan
Orang Dewasa
Menurut Maslow(need hierarchy theory), kebutuhan-kebutuhan orang dewasa digolongkan ke
dalam tingkatan:
1.
Kebutuhan yang bersifat biologis
2.
Kebutuhan rasa aman
3.
Kebutuhan sosial
4.
Kebutuhan akan harga diri
5.
Kebutuhan untuk berbuat yang
terbaik
Orang dewasa memiliki empat kebutuhan (Morgan):
1.
Kebutuhan untuk melakukan suatu
aktivitas
2.
Kebutuhan untuk menyenangkan orang
lain
3.
Kebutuhan untuk mencapai hasil
4.
kebutuhan mengatasi kesulitan
Lima belas aspek kebutuhan orang
dewasa (Murray
dan Edwards):
1.
Kebutuhan berprestasi
(achievement)
2.
Kebutuhan rasa hormat (deference)
3.
Kebutuhan keteraturan (order)
4.
Kebutuhan memperlihatkan diri
(exhibition)
5.
Kebutuhan otonomi (autonomy)
6.
Kebutuhan afiliasi (affiliation)
7.
Kebutuhan intrasepsi
(intraception)
8.
Kebutuhan berlindung (succorance)
9.
Kebutuhan dominan
10. Kebutuhan merendah (abasement)
11. Kebutuhan memberi bantuan (nurturance)
12. Kebuthan perubahan (change)
13. Kebutuhan ketekunan (endurance)
14. Kebutuhan heteroseksual
Dorongan untuk bepergian dengan
lawan jenis
15. Kebutuhan agresi
Dorongan untuk menyerang pandangan
yang berbeda
Tugas-tugas perkembangan masa dewasa:
1.
Tugas-tugas perkembangan masa
dewasa/muda
a.
mengembangkan sikap wawasan dan
pengalaman nilai-nilai agama
b.
memperoleh atau memulai suatu
pekerjaan
c.
memilih pasangan
d.
mulai memasuki pernikahan
e.
belajar hidup berkeluarga
f.
mangasuh dan mendidik anak
g.
mengelola rumah tangga
h.
memperoleh kemampuan dan
kemantapan karier
i.
mengambil tanggung jawab atau
peran sebagai warga masyarakat
j.
mencari kelompok sosial yang
menyenangkan
2.
Tugas-tugas perkembangan masa
dewasa madya
a.
memantapkan pengalaman nilai-nilai
agama
b.
mencapai tanggung jawab sosial
sebagai warga negara
c.
membantu anak yang sudah remaja
untuk belajar menjadi orang dewasa
d.
menerima dan menyesuaikan diri
dengan perubahan
e.
memantapkan keharmonisan hidup
berkeluarga
f.
mencapai dan mempertahankan
prestasi
g.
memantapkan peran-perannya sebagai
orang dewasa
3.
Tugas-tugas perkembangan pada masa
dewasa lanjut (masa tua)
a.
lebih memantapkan diri dalam
mengamalkan norma
b.
mampu menyesuaikan diri dengan
menurunnya kemampuan fisik
c.
menyesuaikan diri dengan masa
pensiun
d.
menyesuaikan diri dengan kematian
pasangan hidup
e.
membentuk hubungan dengan orang
lain yang seusia
f.
memantapkan hubungan yang lebih
harmonis dengan anggota keluarga
Mengenai hidup keluarga dalam masa dewasa terdapat 2 hal pokok yang mendorong terciptanya hubungan hidup berkeluarga yaitu kebutuhan individu pada satu pihak dan tugas perkembangan pada orang pihak.
Diantara kebutuhan utama dan kuat yang mendorong individu orang dewasa untuk hidup berkeluarga adalah kebutuhan material,seksual dan psikologis.
Dari segi psikologi ,kebutuhan utama dan terkuat untuk berkeluarga bagi orang dewasaadalah kebutuhan akan cinta ,rasa aman ,pengakuan dan persahabatan..
artikelnya cerdas kaya orangnya
BalasHapusAlhamdulillah, Thank's, sangat membantu sekali. N cerdAS
BalasHapusDino MusyfiQ
BalasHapusAkhamdu lillaah..Makasih apalagi kalo ditambah DAFTAR PUSTAKA
Trimakasih ,saya belajar untuk UAS berdasar kan Rangkuman ini
BalasHapus^^
Hapusmantapks
BalasHapus